Wednesday, December 05, 2007

Naskah Untuk Game RPG Part 1

Ane beberapa kali melihat post mengenai usulan game RPG di internet untuk komunitas. Dan ane mempunyai beberapa pemikiran setelah melihat

post tersebut. Pemikiran ane lebih menyangkut mengenai pembuatan certa dalam game RPG. kalo menurut ane dalam pembuatan cerita RPG:

1. memakai 3 act structure dalam pembuatan game adalah langkah yang bagus. selain itu kita bisa menambahkan point2 tambahan seperti 3rd

turning point dll dsb.

2. membuat cerita dengan struktur yang sistematis akan menjadikan game lebih mudah di organisasi dan dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

kalo ane melihat beberapa game project yang diajukan di internet lewat forum2 atau komunitas, cerita yang dibuat masih dalam format novel.

dan yang lebih parah, sering kali yang ane lihat ceritanya belum jadi. si poster biasanya hanya punya ide dasar dengan sedikit pengembangan

cerita (hanya awal2)

3. membuat plot poin sebelum menulis cerita keseluruhan bisa membantu menyelesaikan cerita dengan lebih cepat.

4. cerita dalam RPG project yang dikerjakan dalam sebuah komunitas sebaiknya dilakukan oleh 1 orang saja. atau bila team, maka lebih baik

timnya yang bisa terus komunikasi (misalnya bener2 bisa dan mudah ketemuan didunia nyata). ada pengalaman dari teman dimana ceritanya dibuat

oleh komunitas (ada yang beberapa orang, ada yang seluruh komunitas bisa kontribusi) dan hasilnya sampe skarang gamenya nggak kelar2.

next: contoh naskah game RPG

No comments: