Wednesday, December 05, 2007

Naskah Untuk Game RPG Part 2

Berikut adalah naskah cerita game RPG yang ane buat. Baca note dibawah ya (untuk format naskah yang lebih baik, silahkan download di http://yebe.uni.cc/download.php?view.4)::

Pahlawan Bahu
by: Bejoalan


START EVENT:

KERAJAAN JOJO - KOTA LUMPIA - DAERAH PERSAWAHAN

MANDOT, tokoh utama, lagi enak2nya makan nasi yang dibawakan
istrinya, AYU, di sawah. Tiba2 terdengar suara letusan BUM!

MANDOT
Gile, apaan tuh?

AYU
Ajrot bajindot moncrot mbacot!!
Kaget aku

Datanglah NCEP menghampiri Mandor dan Ayu

NCEP
Ndot ... Ndot ... ada kejadian
gawat darurat. Pak kepala desa
meminta semua orang ke gerbang
desa. Cepet, ayo kesana

Mereka bertiga segera pergi ke gerbang desa.

KERAJAAN JOJO - KOTA LUMPIA - GERBANG DESA

ITEM: Tempe Bacem (M), Tempe Goreng (M, 2x)

Para warga desa berkumpul di depan gerbang. SIMPELUT, sang
kepala desa, berada di depan kerumunan untuk menjelaskan
sesuatu.

Mandot, Ayu, dan Ncep datang ke lokasi.

MANDOT
Ada apa Pa' Lut? Keadaan darurat
apa? Monster nyerang ya? Atau
bencana alam? Atau ...

SIMPELUT
Ini lebih buruk dari pada itu

AYU
Gonjrat Ganjrot Pecotot jangan
mbacot! Terangin!

SIMPELUT
Begini saudara-saudara sekalian,
desa kita sekarang dalam keadaan
yang ga ...

AYU
BEJINDOT!!! Udah tau!! Bahayanya
apa crot!!

SIMPELUT
... ehm. Jadi bahaya nya adalah ...
adalah ... putriku yang tercinta
baru saja kecemplung kalen!

MANDOT
Lha??? Cuma itu??

SIMPELUT
Bukan hanya itu, saat kecemplung
dia nggak sengaja merusak pembatas
empang tempat mbenjrot. Jadi ...
kalau tidak segera diatas maka desa
kita akan terendam oleh
benjrotan-benjrotan kuning nanti
malam. Oleh karena itu saya mencari
sukarelawan untuk menutup kempali
pembatas empang tersebut.

Semua warga mundur. Ayu dan Ncep dengan sengaja mendorong
Mandot kedepan.

NCEP
Wah, Mandot bersedia pak

MANDOT
Wei .. jangan nga ..

AYU
Ajrot bejindot majrot. Yu berani
menjrot-menjrot??

MANDOT
ng .. nggak yang.

SIMPELUT
Kalo gitu udah diputuskan, Mandot
yang akan menutup pembatas empang
di utara desa kita.

Semua warga bersorak dan pergi.

END EVENT

BRANCH: Pergi dan bicara pada kakek SEMPLO di rumahnya untuk
mendapatkan item Gemblo-Gemblo. berikan Gemblo-gemblo kepada
orang2an disawah untuk mendapatkan Item: Suduk-Uduk(W)

KERAJAAN JOJO - KOTA LUMPIA - EMPANG

ITEM: Rawon (M), Gebug kayu (W), Oneng-oneng (M,3x), Kalung
Gedem (A)

MUSUH: Yuyu Kangkang, Capito, Capiti

Mandot segera menutup saluran empang dan balik ke desa.
Ketika dia selesai menutup, tiba-tiba terdengan suara
monster KEMBLONGO

KEMBLONGO
HOOIII. Siape lu berani bener
ngganggu gue. Siap-siaplah untuk
basah!

MANDOT
WALAWALA ....!!

BOSS: KEMBLONGO

Setelah mengalahkan Kemblongo, Mandot pun kembali ke desa.

KERAJAAN JOJO - KOTA LUMPIA - GERBANG DESA

Mandot di sambut gembira oleh warga.

BRANCH: Serahkan Kalung Gedem ke putri kepala desa untuk
mendapatkan item Codot Mbenjrot (A).

Setelah disambut warga, Mandot pun kembali kerumah.

START EVENT:

KERAJAAN JOJO - KOTA LUMPIA - RUMAH MANDOT

Ketika pulang Ayu mencium bau yang tidak sedap dari tubuh
Mandot.

AYU
Menjrot Benjrot!! Bau apaan nih??

MANDOT
Ya bau benjrot. Kan tadi Papa
melawan monster jahad, jadi ya ..
beginilah akhirnya.

AYU
Monster? Benjrot Kecodot!! Emang
ngapain pake ngelawan moster
segala? Emang bisa dapat apa?

ALTERNATIVE 1:


MANDOT
Ngg ... anu, tadi gue dihadiahin
ini ...

Mandot menunjukkan Codot Mbenjrot kepada Ayu. Ayu kemudian
terkejut karena Mandot membawakannya Codot Mbenjrot.

AYU
Waaahh ... itu makanan favo ku.
Trims yah sayang. Ayo sini tak
mandiin.

Ayu pun membawa suaminya ke kamar mandi untuk dimandiin.

ALTERNATIVE 2:

MANDOT
Ngg ... ya nggak dapat apa-apa.

Karena sudah bau, dan tidak membawa-apa, Mandot pun
ditendang keluar oleh istrinya.

END EVENT.

THE END.

=======
Note:
Ini bukan format baku, ini hanya memodifikasi format naskah film. Silahkan buat format sendiri, yang penting aturannya jelas dan mudah

dipahami. Berikut aturan dalam script yang ane buat diatas:

1. deskripsi seperlunya, tidak perlu sedetail seperti novel.

2. Setting lokasi selalu ditulis dengan huruf besar (bisa juga dengan huruf tebal). aturannya harus jelas. Dalam sample ini ane membuat auran

format setting adalah:

Kerajaan - Kota - Tempat

Dengan demikian dikemudian nanti akan mudah dalam mengklasifikasi dan menentukan lokasi mana saja yang harus dibuat dalam map.

3. Nama orang ketika pertama kali dikenalkan selalu ditulis dengan huruf besar. Seterusnya ditulis dengan cara biasa.

4. Nama orang dalam dialog ditulis dengan huruf kapital dan harus konsisten. Kalau yang dipakai Mandot ya tulis mandot terus, jangan SUAMI

AYU, atau nama yang lainnya.

5. Sebuah Event di awali dengan START EVENT dan diakhiri dengan END EVENT

6. Dalam sebuah lokasi (kota atau dungeon) bisa sekalian dijelaskan mengenai item yang ada disana. Sertakan penanda item apakah itu weapon,

medicine, accesoris, armor, atau yang lainnya. Dalam script ane menggunakan huruf dalam tanda kurung -> Tempe Goreng (M) -> masuk dalam

kategori Medicine). Tidak perlu di tunjukkan lokasi detail sebuah item, cukup dalam cakupan kota/dungeon saja. selebihnya biar map designer

yang menentukan.

7. Branch digunakan sebagai acuan mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh player yang akan mendapatkan reward, bisa mempengaruhi cerita,

bisa tidak.

8. Alternative digunakan sebagai penanda efek dari branch pada saat event.

Yep, itu aja dari ane. moga berguna ya.

No comments: