Wednesday, October 31, 2007

Iklan dan Pembodohan

Beberapa waktu lalu ane liat sebuah iklan pemutih (lupa nama produknya). Trus ketika ane perhatikan si endorser (bintang iklan), ternyata dia adalah cewek yang ane pernah liat di acara ceriwis di trans tv. Cewek itu adalah cewek Uzbekistan (sekarang udah nikah sama cowok INA, lupa siapa namanya), dan kayaknya dia emang aseli berkulit putih.

Nah loh, aneh kah? atau setidaknya menurut ane aneh. Ada produk yang mengatakan, langsung atau tidak langsung, "gunakan produk kami agar kulit putih cemerlang ... bla bla bla", tapi si bintang iklannya sendiri adalah orang yang berkulit putih. bukannya ini membodohi para cewek yang berkulit sawo matang atau kuning?

Dulu ada yang lebih parah lagi. Ada iklan yang tag nya "Putih Itu Cantik". Bukankah itu sama saja mengatakn dengant tidak langsung bahwa kalau tidak putih itu tidak cantik? Bukankah itu secara tidak langsung meyinggung orang2 yang berkulit hitam, coklat, kuning, dan merah? Kayaknya dulu nggak ada yang protes. Tapi walau gitu sekarang tagnya udah nggak ada lagi. mungkin ...

Ane bukannya anti kulit putih lho, cuma nggak suka pada sesuatu yang bersifat pembodohan. seperti judul program acara di global tv: sineFamily (atau apalah namanya). intinya adalah disitu ada kata familinya. maka ada dua kemungkinan, pertama sinetronnya tentang keluarga, atau sinetronnya ditujukan untuk ditonton oleh keluarga, atau keduanya. (lho itu berarti tiga kemungkinan ya? hehehhe). niwey, kalau itu acara untuk ditonton oleh keluarga maka ane kira acara itu sangat amat tidak pantas jika ane melihat proviewnya. karena sinetron itu terdapat elemen standart dalam sinetron kebanyakan, yaitu adegan kekerasan secara verbal (membentak2 dll dsb). dan hal tersebut sangat tidak pantas di tonton oleh keluarga karena sangat tidak mendidik. Ya, benar, ini juga berarti ane mengatakan bahwa kebanyakan sinetron memang tidak mendidik dan tidak pantas di tonton oleh anak2.

peace man

No comments: