Thursday, April 03, 2008

Menempatkan Anak Pada Tempatnya

Tadi ane baru saja dari kios pulsa di jalan Imogiri Timur. Di sana ane melihat anak dari sang pemilik kios lagi nonton acara Unyil di Trans7. Waktu itu ane senang sekaligus geleng2 kepala.

Ane senang karena ada orang tua yang mau menempatkan anaknya pada tempatnya. Dia mengajak anaknya nonton acara yang sesuai dengan usianya. Tapi disisi lain ane juga geleng2 kepala karena banyak acara di TV yang tidak menempatkan anak pada posisinya. Anak seharusnya bermain dan belajar, baik belajar ilmu maupun budi pekerti. Namun kita liat aja di salah satu stasiun TV ada acara dimana anak2 menyanyikan lagu2 orang dewasa tentang cinta, patah hati, dan lain sebagainya. Menurut ane ini benar2 ironis. Anak2 seharusnya diarahkan pada lagu yang sesuai dengan umurnya, misalnya lagu2 jaman 90-an tentang menabung, hormat pada orang tua, jujur, dan lain sebagainya. Dan yang lebih ironis Ria Enes yang notabene merupakan mantan penyanyi lagu anak2 yang penuh nasehat kini seakan2 tidak menyadari kalau anak2 yang tampil pada acara yang ia komentari sedang diposisikan tidak pada tempatnya, dieksploitasi untuk menambah pundi2 uang segelintir orang yang sepertinya tidak perduli pada generasi muda, atau setidaknya terlalu permisif dan menganggap semuanya adalah masalah sepele.

No comments: