Tuesday, November 25, 2008

Amanat Warga Melalui PNPM Mandiri Perkotaan

Sudah melihat iklan tentang PNPM Mandiri? Nah desa ane kebetulan termasuk terget dari PNPM Mandiri, lebih tepatnya lagi adalah PNMP Mandiri Perkotaan. Ane sendiri bergabung menjadi relawan semenjak beberapa bulan yang lalu.

Selama ini tugas ane adalah menentukan kriteria warga miskin bersama warga lain, mengumpulkan data warga miskin berdasarkan kriteria yang telah disepakati bersama, dan kemudian mengolah data miskin tersebut menjadi kajian permasalahan yang ada di desa kami. Kemudian untuk menindaklanjuti kajian yang kami buat maka dibentuklah badan yang bernama LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat). Anggota lembaga ini dipilih dari rakyat melalui utusan RT dari desa kami dan kemudian dipilih ulang melalui pemilu.

Kemarin Ahad diadakan acara pemilihan umum untuk memilih akan menjadi anggota LKM (Lembaga keswadayaan masyarakat). Ketigabelas anggota ini merupakan pemimpin kolektif yang mempunyai hak yang sama dalam keanggotaan LKM, jadi setiap masalah akan diputuskan dengan musyawarah.

Nah, kebetulan ane kemarin ternyata terpilih menjadi salah satu anggota LKM untuk mengemban amanat dari warga untuk mensejahterakan warga di desa kami. Sepertinya tugas ini tidak akan mudah, akan tetapi ane akan selalu berusaha dengan se optimal mungkin sesuai dengan kemampuan saya.

Ane mohon doa dan dukungan dari temen-temen sekalian pembaca artikel ini agar ane bisa menjalankan amanat warga dengan baik dan barokah. Amin.

No comments: