Friday, December 12, 2008

Maia Extianty dan Produk Kosmetika Berbahaya: Sebuah Contoh Sikap Ignorant

Beberapa waktu yang lalu ane menonton TV mengenai produk kosmetika yang berbahaya. Dalam acara tersebut mereka mewawancarai Maia Estianty karena kebetulan Maia merupakan salah satu pengguna produk konsmetika yang dinyatakan berbahaya.

Dalam wawancara tersebut Maia menyatakan bahwa ia tidak khawatir tentang produk kosmetika yang ia pakai kendati menurut penelitian produk tersebut dinyatakan berbahaya. Alasannya adalah karena selama 3 tahun terakhir pemakaian, ia belum pernah menemui satu masalah pun.

Kalau ane pribadi cukup prihatin dengan hal tersebut. Dengan asumsi bahwa apa yang dinyatakan dalam hasil penelitian itu adalah benar adanya, bukan propaganda atau trik marketing kotor, maka ane berpendapat bahwa pernyataan Maia merupakan sebuah sikap yang ignorant.

Kalau ane analogikan, sikap Maia ini sama seperti ketika kita menghimbau masyarakat yang berada pada pinggiran sungai kawasan hulu untuk tidak membuat sampah di sungai namun mereka tidak mengindahkannya. Alasannya karena selama ini mereka membuang sampah di sungai tidak pernah terjadi suatu masalah yang berarti. Walaupun secara umum agak berbeda, namun pada hakikatnya sama. Hal ini karena Maia adalah seorang public figure di mana setiap pernyataannya bisa di dengar dan bahkan diikuti oleh banyak orang.

Dengan ini simpati ane terhadap Maia kok malah jadi berkurang ya.

No comments: