Friday, February 20, 2009

Cara Mencari Ide Tulisan Untuk Blog

Kadang-kadang ketika kita menulis blog, kita tidak tahu apa yang kira-kria hendak kita tulis. Itu memang merupakan hal yang umum. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Jotting
Ini sudah ane bahas sebelumnya. Intinya adalah kita tulis saja apa yang ada dalam kepala kita, walaupun itu hanya sekedar menulis, "Busyet, gue nggak tau mau nulis apa".

2. Commenting
Mengomentari tulisan juga merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah "tidak tahu mau menulis apa". Cukup browsing aja secara acak dan pilih suatu artikel lalu komentari artikel tersebut. Atau bahkan kita bisa mengomentari tulisan kita sendiri. Percaya atau tidak tulisan ini merupakan hasil komentar terhadap tulisan ane sendiri beberapa saat yang lalu. Cukup di ingat, bahwa mengomentari tidak perlu muluk-muluk, dalam artian tulis aja apa yang ada di kepalamu ketika kamu membaca sebuah artikel

3. Answering
Hampir sama dengan commenting, akan tetapi answering tidak terbatas pada pertanyaan yang kalian temukan secara online. Misalnya saja ada teman kamu bertanya, "Kira-kira makan bakso yang enak dimana ya?", kamu jawab aja sesuai dengan apa yang kamu tahu. Maka itu bisa menjadi sebuah tulisan.

Ane kira masih banyak teknik-teknik menulis diluar sana. Akan tetapi tiga ini merupakan beberapa diantaranya yang cukup mudah untuk diterapkan. Namun perlu diingat bahwa tidak teknik semua ini dapat diterapkan secara efektif untuk blog yang serius, dalam artian blog tersebut dibuat untuk mencari pengunjung yang pada akhirnya dapat mendatangkan uang melalui iklan. Jadi bila kamu ingin menulis blog untuk sekedar have fun, jangan lupa tips diatas ya.

No comments: