Tuesday, November 06, 2007

Penipuan Undian Surat Yang Telat

Beberapa tahun yang lalu ayah ane pernah mengikuti undian oli Evalube. Dan tidak dinyana ayah mendapat surat bahwa ayah telah memenangkan sebuah motor dari undian tersebut. Namun ada yang aneh, yaitu surat undiannya datangnya telat satu hari setelah batas waktu pengambilan hadiah. Ketika mengecek isinya, semuanya tampak meyakinkan karena ada cap stempel dari notaris, kepolisian, dll dsb. Dan karena kami tidak berlangganan majalah (dan juga udah keburu hadiah hilang), ayah pun langsung menelpon pihak Evalube melalui nomor telepon yang tertera di surat. Kata pihak Evalube, hadiah sekarang sedang dalam proses lelang, namun masih dapat diambil dengan cara mengirimkan uang untuk semacam jaminan. Beruntung sekali kami tidak mempunyai uang sebanyak yang mereka minta, kalau tidak ane yakin kami bakal kena tipu.

Oleh karena itu apabila suatu hari kalian mengikuti undian berhadiah dan ternyata memenangkan undian tersebut namun surat pemberitahuan datangnya telat dan kalian ternyata diharuskan membayar sejumlah uang kepada panitia, maka jangan ragu itu kemungkinan besar adalah penipuan. Ketika anda menerima surat pemberitahuan kemenangan atas sebuah undian, cobalah anda cek media kabar tempat si penyelenggara mengumumkan hasil undian. Selain itu bisa juga di cek ke nomor penyelenggara undian namun bukan yang berasal dari surat pemberitahuan, namun sumber lain, misalnya nomor costumer care produk atau pihak yang menyelenggarakan undian.

Note:
Yang ane maksud dengan pihak Evalube yang ane sebutkan diatas yang melakukan penipuan, bukanlah pihak Evalube yang sebenarnya, hanya sekedar oknum yang mengatasnamakan Evalube.

Satu yang masih membuat ane penasaran, Bagaimana para penipu itu tahu kalau ayah mengikuti undian Evalube, bahkan sampai tahu alamat lengkap kami segala?.

No comments: